Pernah gak teman-teman pas lagi perjalanan jauh dengan mengendarai motor, tiba-tiba motor kita mengalami gangguan pernapasan alias lajunya tersendat-sendat??? Terus ujung-ujungnya mesin motor mogok di tengah jalan deh… :(

Nah, ada beberapa hal umum yang menyebabkan mesin motor jadi tersendat-sendat seperti itu. Biasanya, karena terjadi permasalahan pada sistem pengapian. Bisa dari busi mati, koil lemah atau bahkan CDI mulai rusak.

Mengatasinya memang tidak bisa begitu saja dilakukan di jalan. Namun, pemeriksaan dini setidaknya perlu dilakukan sebelum permasalahan tersebut diganti. Periksa titik-titik pengapian tersebut, seperti busi, koil, CDI dan peranti kelistrikan lainnya secara berurutan.

Bila ada yang dianggap sudah lemah atau rusak, segera melakukan pergantian. Atau bisa juga pada sistem pengabut bahan bakar alias karburator.

Biasanya, gejala mesin tersendat karena ada beberapa bagian di karburator yang tersumbat, seperti pada main jet ataupun pilot jet.

Selain dua part tersebut, fi lter bensin dan saluran bensin dari tanki yang mampat oleh kotoran pun bisa menyebabkan laju motor tersendat-sendat, sehingga tidak bisa disimpulkan karena kehabisan bensin.

Bila punya waktu senggang, bersihkan karburator, termasuk main dan pilot jet agar diusahakan benar-benar bersih tidak tersumbat.

Cara praktisnya, bisa menggunakan cairan pembersih karburator, atau carburator cleaner.

Selamat mencoba yah…. ;)

 

Sumber : http://www.koranjitu.com/lifestyle/tips-tips/tips-tips%20seputar%20kendaraan/detail_berita.php?ID=4066
About these ads