Akhir-akhir ini aku bener-bener sibuk banget belajar pemrograman SAP. Sampai-sampai selama berhari-hari aku tidak sempat menyentuh blog sama sekali. Tapi surprise juga sih waktu melihat data statistik pengunjungku… xixixi ternyata walau aku tidak utak atik, statistik pengunjung blog ini tidak begitu mengecewakan. Jadi makin semangat nge-blog dech… hehehe…

Aku juga tidak menyangka bahwa ternyata pemrograman SAP ini memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Permainan logika benar-benar harus digunakan. Kadang aku merasa sedikit takut, bisakah aku menguasainya?

Pertama mendengar kalimat SAP, aku penasaran… SAP itu apa? bentuknya seperti apa? aku benar-benar buta mengenai SAP.  Selama ini aku lebih menguasai bahasa pemrograman yang berbau DOS, seperti DBase III+ dan clipper.

Aku pernah belajar visual basic dan PHP, tetapi entah mengapa aku lebih tertarik dengan bahasa pemrograman dos. Lebih menantang dan apa yah… lebih menarik aja sih.

Oke, kembali ke dunia SAP… hal pertama sebelum aku belajar tentang SAP, tentu aku harus mengetahui apa itu SAP? Dari hasil tanya sana dan sini serta seperti biasa search dengan bantuan om google, aku menyimpulkan bahwa SAP merupakan aplikasi/produk perangkat lunak ERP terbesar di dunia.

Setelah Microsoft, IBM dan Oracle, saat ini SAP menduduki tingkat ke empat dalam kapitalisasi pasar.

SAP mempunyai kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai macam aplikasi bisnis, dimana setiap aplikasi mewakili area tertentu.

Produk utama dari SAP itu sendiri adalah SAP R/3,  R mempunyai makna pemrosesan data secara real time dan 3 itu berhubungan dengan arsitektur aplikasi 3 lapisan, yaitu database, application server dan client SAPgui.

Mungkin di artikel yang akan datang aku akan membahas lebih detail mengenai SAP. Seperti kata bijak berkata “berilah maka akan di beri”.  So, mari kita saling berbagi ilmu.

Cemangaaaaaaaaaaddddd…  ^_^