Anak Gunung Krakatau sekarang status waspada!!!

Wah tidak kebayang kalau Anak Gunung Krakatau bener-bener meledak. Apa jadinya kotaku tercinta Bandar Lampung. Tapi perasaan kemarin pas jalan-jalan tuh tidak ada debu apa-apa deh… cuma memang hidung kemarin kok agak kurang nyaman pas bawa motor.

Tentu saja kita sebagai masyarakat khususnya yang tinggal di daerah Lampung dan sekitar gunung krakatau di himbau untuk tetap tenang namun waspada. Banyak berdoa agar setiap kita di kuatkan untuk menghadapi berbagaimacam hal yang akan terjadi di negara kita.

Ahk, aku pun sungguh-sungguh berdoa agar anak gunung krakatau segera tenang supaya kotaku aman dan tentu saja keluargaku di rumah juga aman. Amiiiinnnn….

Berikut cuplikan berita dari http://www.solopos.com/2012/channel/nasional/aktivitas-anak-krakatau-tak-berpotensi-tsunami-324271

JAKARTA–Aktivitas Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda meningkat. Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (BVMBG) menjelaskan aktivitas tremor letusan Gunung Anak Krakatau tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Menurut Kepala BVMBG, Surono, Gunung Anak Krakatau terus mengeluarkan lava pijar Minggu (2/9/2012) sejak pukul 18.30 WIB. Ketinggian lava pijar 200-300 meter dari puncak secara terus menerus (menimbulkan letusan strombolian).

“Sejak pukul 11.30 WIB sejak sekarang terekam getaran tremor letusan secara terus menerus dengan amplitudo rata-rata 34 mm. Letusan Anak Krakatau tidak akan menyebabkan tsunami,” kata Surono kepada detikcom, Minggu (2/9/2012).

Surono meminta masyarakat untuk tetap tenang. Namun tetap harus siap menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi.

“Masyarakat di pantai Banten dan Lampung agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Agar tidak mendekati dalam radius 1 km dari titik letusan,” imbaunya.

Sebelumnya, BVMBG menyebutkan saat ini status Gunung Anak Krakatau dalam status waspada. Status ini dikeluarkan karena gunung yang terletak di Selat Sunda ini telah menunjukkan tanda-tanda peningkatan aktifitas.

“Gunung anak krakatau mengeluarkan material pijar letusan strombolian. Waspada anak krakatau 2 September 2012. Status gunung saat ini waspada,” ujar Surono, sebelumnya.