Dari pembelajaranku, aku menyimpulkan bahwa SAP berbeda dengan bahasa pemrograman yang pernah aku pelajari selama ini. Sangat berbeda jauh dengan clipper atau Visual Basic dan PHP.
Bahasa pemrograman dari SAP itu sendiri di sebut ABAP dengan menggunakan bahasa C, tetapi sintaksnya beda. Kalau di ABAP kita lebih banyak bermain dengan table dan data yang sudah ada. Soalnya di SAP, tabel-tabel sudah tersedia definisinya, dari kolomnya, jenis datanya, strukturnya, relation-ship nya… So, of course sebagai ABAP-er, kita tidak akan membuat program bener-bener scratch 100%.

Oke… itu tadi sekilas mengenai bahasa pemrograman SAP.

Di SAP ada banyak sekali modul yang bisa dipelajari.
Kalau dari sisi teknikal ada  BASIS (digunakan untuk membentuk/mengatur platform SAP sesuai permintaan perusahaan), dan ABAP (udah aku jelasi di paragraf sebelumnya, dimana ABAP itu sendiri merupakan SAP programmer).
Nah, kalau untuk sisi functional ada 10 modul, yaitu :
FI : seluruh proses bisnis yang ada di wilayah Finance
CO : berhubungan dengan management accounting, controlling, budgeting dan sejenisnya …
HR : seluruh proses yang ada di wilayah HRD
PM : mengenai Plant Maintenance, bagaimana menganalisis dan mengatur asset (pabrik)
PS : kalau yang ini lebih ke arah proses pada sebuah poject, yang mengatur sisi Logistik, struktur, pembiayaan. dan juga mengontrol jalannya project tsb..
QM : proses pada Quality management dan hasil produksi
SD : proses dalam sales n distribution,
MM : Procurement, stock materials, master data of materials management.dll
PP : Planning&Manufacturing
BI : (kombinasi tehnikal dan fungsional)roses data warehouse, reporting, planning Query. dll

Kita tidak mungkin bisa menguasai semua modul sekaligus…. Pakar SAP pun blm tentu menguasai semua modul…  Semua ada bagiannya masing-masing dan semua modul itu saling berkaitan.

Oh iya, buat teman-teman, para suhu dan guru yang sudah lebih dulu terjun di dunia SAP, kalau pada tulisanku ini ada kesalahan, mohon di koreksi yah… ^_^

sumber : google.com