Kemarin aku belajar SAP sempat pusink 7 keliling. Perasaan bahan yang aku pelajari itu bener-bener banyak dan buat aku jadi gelagapan. Di tengah rasa frustasi, akhirnya aku bertanya lagi kepada saudaraku yang sudah menggeluti dunia SAP lebih dari 5 tahun.

Sempet curhatitis juga sih ama dia. Sebenarnya yang harus aku pelajari itu SAP apa? modul yang mana? Kok kayaknya aku belajar tuh seperti serabutan, comot sana comot sini… kayak makan kue aja…

Akhirnya setelah aku banyak tanya ke dia, abangku tuh menjelaskan bahwa di SAP itu ada banyak sekali product. Jadi kalau mau belajar SAP itu harus fokus di 1 produk. Kalau comot sana comot sini terang aja bisa membuat kepala serasa mau pecah. Soalnya yang dipelajari itu tidak nyambung….

Oke, back to SAP product…  setelah aku sharing-sharing lebih banyak lagi… dia menjabarkan tentang beberapa product di SAP. Di antaranya adalah :

SAP ERP, meliputi SAP ECC, SAP R/3, SAP CRM, SAP SRM, dan mungkin masih ada lagi yang lainnya. Cuma yang aku sebutin tadi itu adalah product yang paling umum digunakan dan gunanya untuk daily transaksi.

Di product ini pun konsultannya masih di bagi lagi menjadi beberapa bagian. Untuk rincian modul/konsultan SAP ERP bisa kalian baca di artikel aku sebelumnya yang judulnya Modul-modul SAP ERP

Selain product ERP, ada juga product SAP BI (atau BW),  SAP BO Standard Package, SAP BO DS (Data Services), dan SAP BO BPC (Business Planning Consolidation).

Kalau SAP BI(atau BW), product ini gunanya untuk menyimpan data + reporting yang berasal dari SAP ERP atau sistem lainnya seperti MsSql, Oracle, dll.

Nah jadi untuk kalian yang mau belajar SAP, harus benar-benar fokus belajarnya. Jangan sampai kita mau memperdalam SAP BW gak taunya yang dipelajari malah SAP BO.  Ya pantes aja kagak nyambuuuuuunnggg… Cape dehhhh…

NB : Buat para suhu dan guru yang sudah pakar di dunia SAP… kalau ada tulisanku di sini yang salah, mohon koreksinya yah… ^_^
Before n after I say tengkiu all…